Monday, July 1, 2013

Ganti Story Board On The Spot pun Dilakoni

Tidak jarang Angela diminta untuk mengganti story boardnya on the spot tepat sebelum acara akan dimulai beberapa jam lagi.

"Iya, biasanya ini terjadi pada waktu saya show di corporate atau perusahaan-perusahaan." jelasnya. "Saya tidak bisa bilang apa-apa sih, karena ini adalah permintaan client yang akhirnya berubah pikiran. Dan tidak mungkin menyalahkan event organizer-nya."

Salah satunya adalah launching Toyota NAV1 yang meminta pose mobilnya diubah menjadi terlihat 3/4.  Sehingga seluruh bagian mobilnya terlihat.

"Sebagai pelukis pasir profesional saya harus menyanggupi perubahan tersebut on the spot dan tidak mengelak, karena client saya adalah raja. Dan mereka akan menyambut baik pelayanan yang saya berikan secara profesional. Karena justru di titik inilah profesionalitas saya dipertaruhkan." tambah Angela.

"Kan tidak mungkin saya merengek-rengek atau menangis karena permintaan beliau saya anggap sulit, justru client saya akan melihat ketidakprofesionalan saya dalam bekerja.

Karena saya secara pribadi sadar bahwa client saya telah mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya untuk membayar show saya. Karena itu, mereka pun akan menuntut saya lebih, sesuai anggaran yang telah mereka keluarkan untuk meng-hire show saya."

Tetapi memang perubahan story board on the spot sangat beresiko, karena saya adalah salah seorang seniman yang sangat sensitif terhadap detil seni. Setiap karya saya harus tampil sempurna, beberapa client saya memuji saya sebagai orang yang perfectionis.

Pengalaman berkesan saya adalah pada saat saya akan tampil di Toyota NAV1, karena permintaan pose mobil yg diubah sehingga body mobil terlihat 3/4. Saya pun menggantinya di tempat, setelah di acc oleh penanggung jawab acara show, saya latihan sendiri dengan head phone di telinga saya, sampai setiap detiknya tepat dengan musiknya. Akhirnya pun sempurna.

Kesulitan perombakan story board on the spot adalah apabila, perubahan yang diminta client tidak hanya gambar tetapi client sendiri ternyata baru saja memilih musiknya. Saya harus hafal dengan instrumentnya, karena karya-karya saya based on emotion.

Tantangan berikutnya adalah apalagi lagu dadakan tersebut dari awal sampai akhir nuansanya sama semua. Cukup membingungkan mendeteksi ending instrumentnya. Namun, tetap harus saya sanggupi karena instrument tersebut kesukaan client.

"Tantangan seperti ini tetap bisa saya kerjakan dengan mengopi lagu client tersebut ke dalam mobile saya dan saya akan latihan sendiri sampai saya benar-benar menghafal setiap nadanya dan bisa ditunggu tentunya. Show ini tidak akan sempurna bila saya hanya mendengarkannya hanya 2x saja, saya tetap perlu mengopinya ke dalam mobile saya dan mendengarkannya berulang-ulang sambil melatihnya sampai sempurna." jelas Angela.


No comments:

Post a Comment