Saturday, March 23, 2013

Lions Club - INDONESIA

Lions Clubs International (LCI) is a secular service organization with over 45,500 clubs and more than 1,368,683 members in 205 countries around the world founded by Melvin Jones in 1917.[1] Headquartered in Oak Brook, Illinois, United States, the organization aims to meet the needs of communities on a local and global scale. It was founded in the United States on June 7, 1917, by Melvin Jones,[2] a Chicago[3] businessman. Jones asked, with regard to his colleagues, "What if these men who are successful because of their drive, intelligence and ambition, were to put their talents to work improving their communities?" Jones' personal code, "You can't get very far until you start doing something for somebody else", reminds many Lions of the importance of community service.
The Lions motto is “We Serve”. Focal Lions Club programs include sight conservation, hearing and speech conservation, diabetes awareness, youth outreach, international relations, environmental issues, and other programs.

Lions Club merupakan suatu bentuk dari wadah komunitas orang-orang yang suka kegiatan kemanusiaan dan sosial, serta pengabdian terhadap masyarakat. Komunitas ini bersifat internasional, dibentuk pertama kali pada tahun 1917, dan telah mendapat pengakuan resmi dari pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Komunitas atau organisasi ini, tergabung dalam suatu asosiasi international bernama ‘The International Association of Lions Clubs’ yang juga dikenal sebagai Lions Clubs International (LCI). Komunitas Lions Club tersebar diseluruh penjuru dunia, begitu juga di Indonesia dan Surabaya, yang saat ini memiliki 16 club.

Lions Club Indonesia berada dalam multi distrik 307, yang dibagi lagi dalam tiga distrik, yaitu distrik 307 A1, distrik 307 A2, serta distrik 307 B. Padma merupakan salah satu Lions Club yang ada di Surabaya, dan berada dalam distrik 307 B. Setiap club yang ada dibawahi oleh seorang presiden, masing-masing presiden membawahi minimal dua puluh orang, dan maksimal sekitar seratus orang. Komunitas ini terbuka untuk umum, khususnya bagi Anda yang suka dengan kegiatan-kegiatan sosial kemanusian, serta ingin membantu sesama yang membutuhkan dan melakukan pengabdian terhadap masyarakat, Anda bisa bergabung dalam komunitas ini.

Menurut Eddy Sujanto, Presiden Lions Club Surabaya Padma, anggotanya saat ini sudah berjumlah 42 orang, Lions Club anggotanya terdiri dari berbagai agama, suku, ras, profesi, dan lain sebagainya. Anda bisa bergabung dengan komunitas ini dengan syarat, harus memiliki dan berjiwa sosial, serta membayar iuran rutin. Banyak sekali kegiatan sosial yang bisa Anda lakukan ketika bergabung dengan komunitas ini. ‘Pertama saya masuk di Lions Club ini bukan karena ingin sok sosial, pertama karena saya merupakan seorang pensiunan, sedangkan yang kedua saya ingin mencari teman sambil beramal’ tegas Eddy, dengan bangga

Lions Club Indonesia dan Lions Club Surabaya Padma, memiliki agenda tahunan untuk membantu masyarakat dan mereka yang kurang mampu atau terkena bencana, dimana diwujudkan dalam sebuah program, yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Saat bencana tunami aceh, Lions Club membangun kampung Lions disana dan membantu para korban. Melakukan operasi terhadap 390 orang penderita katarak, membantu 97 orang yang membutuhkan tangan dan kaki palsu. Untuk bulan januari ini, Lions Club Surabaya Padma akan mengadakan program dan kegiatan penanaman seribu pohon, yang juga akan melibatkan masyarakat.

Lions Club Surabaya MD 307 Indonesia, pada tanggal 23 Maret 2013 mengadakan gathering untuk charity sepanjang tahun 2013 berupa operasi katarak gratis bagi orang-orang yang tidak mampu dan pembagian buku gratis pada anak-anak sekolah dasar.

No comments:

Post a Comment