Saturday, April 14, 2012

Angela Roseli Si Pelukis Pasir; Dari Kota Pahlawan by Kabarindo

Bermain – Main Dengan Pasir Untuk Lukisan Eksotik
Lukisan pasir mulai jadi tren. Menggunakan media kaca dan pasir pantai, tuangkan imajinasi dan kelincahan jemari

Surabaya 21 April 2012, Kabarindo- Media untuk melukis bukan hanya kertas dan kanvas dengan cat air, cat minyak atau akrilik.

Namun bisa pula dengan kaca dan pasir pantai. Hasilnya cepat jadi, tak kalah menarik dan indah. Sayangnya tak bisa dimiliki, melainkan hanya bisa diabadikan lewat video.

Ini adalah lukisan pasir yang kini menjadi tren dan mulai disukai. Jika pada lukisan biasa, si pelukis menggoleskan cat di atas kanvas, maka pada lukisan pasir, si pelukis menebarkan pasir di atas lembaran kaca lebar dan ‘menggambar’ obyek dengan jari – jarinya.

Inilah yang dilakukan Angela Roseli (28), seniman lukisan pasir. Ia memperlihatkan kemahirannya dalam sand painting show di Ciputra World Surabaya (CWS) pada Sabtu (14/4) malam. Acara ini merupakan bagian dari event bertajuk Femmevolution yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini.


Jari – jari Angela lincah mengutak – atik hamparan pasir di atas kaca yang di bawahnya diterangi lampu. Ia membentuk pasir menjadi lukisan yang diinginkan. Kemahiran dan keluwesan jemarinya sehingga membentuk gambar yang cantik mengundang decak kagum para pengunjung. Mereka terpesona oleh gerakan cepat jemarinya.

Angela menuturkan, ia menekuni lukisan pasir sejak 2009, namun mengawalinya sebagai pelukis yang menggunakan cat minyak pada usia 15 tahun. Ia mengaku tertarik beralih ke lukisan pasir karena memberinya tantangan dan keasyikan tersendiri.

“Melukis dengan pasir beda dengan cat minyak. Pasir itu ajaib, bisa dibentuk jadi gambar apa saja. Rasanya asyik, bisa menyatu dengan pasir. Kita lebih banyak menggunakan feeling dan imajinasi,” ujarnya.

Angela menganut aliran naturalis yang menonjolkan ilustrasi. “Yang penting pesan cerita tersampaikan,” jelasnya.

Angela mengatakan, pasir yang digunakan bisa pasir pantai atau pasir silika. Yang bagus adalah pasir pantai berwarna putih karena akan menghasilkan gambar yang indah. Pasir diayak untuk memperoleh butiran – butiran yang halus dan bersih.

Anda Suka Lukisan Pasir ?

No comments:

Post a Comment